Home About Instagram Stuffs Wordpress Facebook

Sabtu, 29 Agustus 2015

Planet Saturnus

sumber: google
Hai, Teman-Teman. Aku akan nge-post tentang 'Planet Saturnus'. Oke? Ayok, dibaca. Hmm ... nanti aku kasih sumbernya, ya!
Saturnus adalah planet di tata surya yang dikenal sebagai 'Planet Bercincin'. Planet Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah Planet Yupiter. Jarak Saturnus jauh sekali dari Matahari. Maka dari itu, Saturnus tidak dapat tampak jelas dari Bumi. Masa revolusi Saturnus adalah 29,46 tahun. Setiap 378 hari, Saturnus , Bumi, serta Matahari akan berada dalam satu garis lurus. Saturnus memiliki kala rotasi yang singkat, yaitu 10 jam 40 menit 24 detik. 

Atmosfer Saturnus terdiri dari hidrogen dan helium. Jadi, tidak memungkinkan ada kehidupan di Saturnus. Selain itu ada juga sejumlah kecil gas metana, uap air, dan gas amonia. Cincin Saturnus sangat unik, ada beribu-ribu cincin yang mengelilingi planet ini. Para ilmuwan berpendapat, cincin itu tidak mungkin terbuat dari lempengan padat karena akan hancur oleh gaya sentrifugal. Tapi, tidak mungkin juga terbuat dari zat cair karena gaya sentrifugal akan mengakibatkan timbulnya gelombang. Sejauh ini, diperkirakan yang mungkin cincin-cincin itu adalah bongkahan es meteorit. Cincin ini terentang dari 6.630 km- 120.700 km diatas permukaan atmosfer Saturnus.

Planet Saturnus diketahui mempunyai 56 satelit alami. Tujuh diantaranya masif untuk dapat runtuh berbentuk bola dengan gaya gravitasi Saturnus sendiri. Satelit-satelit itu adalah: Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Titan, dan Iapetus. Oh ya, teman-teman. Titan itu satelit terbesar di planet Saturnus, lho. Dengan diameter 5.120 km.

Sekian dulu, ya!
Sumber: website Wikipedia dan Buku Sains kelas 6.  (dengan perubahan)
Repost? Izin aku dulu, ya!
 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar