Home About Instagram Stuffs Wordpress Facebook

Rabu, 11 Mei 2022

Kelas 12, Seneng Apa Mumet?

 


Hai gaisss. Jumpa lagi dengan aku. Oke, di artikel sebelumnya, aku udah pernah bilang ya, kalau sekarang aku sedang menempuh pendidikan di SMK, kelas XII atau kelas 3 SMK. Nggak kerasa banget nih, kayaknya baru kemarin ikut MORSA (masa orientasi santri), masih pakai pakaian hitam putih, masih pengenalan jurusan, sistem sekolah, sampai organisasi. Eeeh, sekarang udah mau lulus aja nih. Yang kemarin-kemarin masih bisa bergabut-gabut ria, kini sudah beralih menjadi bermumet-mumet ria. Oke, no problem kalo bagi aku ya. Selama diantara bermumet-mumet ria masih bisa konekan, it's okay lah. Yang penting, not spaneng okay. 

Jadi, oke, seperti pada kelas XII pada umumnya, di semester 2 pasti akan melakukan PKL atau prakerin. Yes, itu sama aja ya, cuma beda belakangnya, lapangan sama industri. Eitss, tunggu tunggu. Diantara kalian, SMK nih ya, kalian PKL pas kelas berapa sih? XI atau XII? Kalo disekolah aku, kelas 12 nih ya. Jadi, semester 2 ini disibukin sama kegiatan PKL, or prakerin.

Jadi, disekolah sebenernya kamu ngapain aja sih? Konekan doang?

Well, aku disekolah ya belajar lah, yakali mau macul😂jadi, di semester 1 kemarin aku udah melakukan banyak sekali, sewidakrolas intinya wkwk, ya banyaklah kegiatan blok. Jadi ya, 2 minggu full class, 2 minggu full lab or full project gitu bahasanya. Jadi di semester 2 ini, sudah sangat, very disibukkan, very busy dengan kegiatan PKL. Berhubung aku ini memilih kompetisi keahlian di bidang TPAV or teknik pengolah audio video, ya jadi nyrempet gitulah ke televisi or TV, slepettt..💨

Why I choose TPAV? 

Because, aku ini anaknya nggak anteng, petakilan begitulah bahasanya. Juga aku sendiri kurang suka kalo lebih lama ngadep komputer sambil desain-desain sambil memikirkan desain seperti apa dan untuk apa yang akan kubuat. It's no. Lebih baik jalan-jalan, keluar masuk studio dan controling room, gotong-gotong properti, dan sisanya baru ngadep komputer awokawok. 

maafkan kameranya burik wkwk

Kelihatan sepi ya gais. Iya, soalnya sebagian orang lagi ada di dalam studio untuk persiapan take video gitu. Jadi, sistem prakerinnya gini:

Ada 4 kelompok ya. Jadi 1 kelompok itu 1 genre. Misalnya ada talkshow, podcast, news, dan juga hiburan. Nanti, setiap kelompok mendapat jatah take 2-3 hari sekali. Loh, yang 1 kelompoknya dikemanain? FYI, kan news take videonya diluar kan. Jadi, take studio itu cuma sekali dua kali aja, itupun yang di shoot hanya reporternya aja.



eh eh lu ngapain sampe sana? 😂

Oke gais, jadi aku mau jelasin ini kenapa aku bisa sampe situ hihi. Jadi, kelompokku ini kebagian kategori talkshow ya. Disini, aku menjadi host dan juga menjadi editor video. Tapi, di akhir-akhir prakerin ini, aku lebih mendalami jadi editor video saja. Karena, hostnya masih ada 2 hihi. Jadinya it's okelah. Dan editor dikelompokku ini ada 2, dikarenakan talkshow agak berat ya kalau dalam edit-mengedit. Jadi software apa aja yang aku pake? 

Adobe Audition

Adobe Premiere Pro

So, fungsi dari kedua software itu apa sih? Oke, Adobe Audition ini untuk mengedit sound dari videonya ya. Karena apa? Perlu kalian tau nih ya, semua video yang output audionya bagus, jernih, dll itu awalnya pasti, ya nggak pasti sih, noise lah, kresek-kresek, dengung, dan lain-lain. Dan itu harus dijernihkan dulu, supaya, penonton yang denger nggak keganggu gitu sama audionya yang noise. 

Mumet ra mbak, nek koyo ngono?

Yes, sangat sangat mumet ya bestii. Eitss tapi nih, pusing + bingung kalau belum pernah belajar. Awalnya aku mempelajari juga sangat mumet, eh, sangat pusing. Lama kelamaan kalau dibiasakan juga, ya bisa hehe. Next ya.

Adobe Premiere Pro, ini yang sering buat para editor ngedit video nih. Softwarenya juga enak banget kalau buat edit video, terutama kalau di komputer atau laptop gitu. Juga, menurutku software ini tuh lengkap juga kalau buat edit video. Susah? Awal-awal emang susah ki, kalau belum belajar 😁😁

begini kira-kira gambarannya kalau edit di Adobe Audition :v


begini pula kira-kira gambarannya kalau edit di Adobe Premiere


Jadi, prakerin itu enak apa mumet sih?

Prakerin itu yaa, setengah enak setengah mumet sih. Enaknya apa? 
  • Bisa terbebas dari pelajaran full class, ehehehe
  • Nggak ada belajar wajib malam 
  • Bisa konekan *ehh
  • Terlatih bekerja, walaupun masih belum maksimal ehe
  • Terasah skill yang sebenarnya
Mumetnya?
  • Cari tema talkshow
  • Cari narasumber talkshow
  • Cari outfit untuk host
  • Kesulitan dalam proses produksi
  • Bingung saat presentasi, karena kalau presentasi ntar ditanya-tanyain hehe
dan yang pasti masih banyak. Dan pesen dari aku buat kalian yang hampir kelas 12, terutama yang SMK nih, prakerin itu nggak usah dibikin pusing, dibikin happy aja. Pasti, di setiap kegiatan prakerin kalian ada hal yang menyenangkan kok. Contohnya di jurusan agribisnis dan pertanian, kan masak-masak tuh ya. Bisa icip-icip dong sama masakan yang baru dibikin. Nah, senang kan hihi. 





Mohon maaf ketiga foto diatas adalah foto gabut disaat akhir-akhir prakerin, hehe.

Oke gais. Cukup sekian dulu yaa. Nantikan cerita-ceritaku selanjutnya. See youu💞









Tidak ada komentar:

Posting Komentar